Thursday 23 May 2013

SADARI


Selama ini mungkin kita(khususnya saya) kurang perhatian terhadap pemeriksaan payudara. Di keluarga saya tidak ada yang riwayat tumor atau kanker(semoga selalu diberi kesehatan, Amin). Tapi hal ini tidak memungkinkan bahwa generasi di depan bebas tumor dan kanker ya.
Payudara yang sehat ada dalam berbagai macam bentuk, ukuran, dan tekstur. Kunci dari kesehatan payudara adalah dengan mengenali perubahan bagaimana payudara terlihat dan apa yang dirasakan. Berikut ini ada 3 cara yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi kanker payudara dan juga permasalahan lainnya secara dini.

1MAMMOGRAM

Mammogram merupakan cara yang paling efektif dalam mendeteksi ada tidaknya kanker sejak dini. Proses ini tidak menyakitkan, meskipun akan kurang nyaman karena payudara akan ditekan untuk beberapa saat.

2PEMERIKSAAN KLINIS

Ini merupakan pemeriksaan payudara secara klinis oleh ahli kesehatan.

3PEMERIKSAAN SENDIRI (SADARI)

Pemeriksaan dilakukan secara pribadi dengan mengenali payudara sendiri sehingga dapat mendeteksi dengan cepat apabila terjadi perubahan dan dapat segera menindaklanjutinya.

JAdwal Pemeriksaan Payudara
40 Tahun ke atas                                                          Mamogram tahunan dan pemeriksaan klinis
20 - 39 tahun                                                               Pemeriksaan Klinis setiap tiga tahun
Awal 20 tahun                                                              Pemeriksaan sendiri secara berkala

Bagaimana Melakukan SADARI

Posisi Tiduran

Letakkan bantal di bawah bahu kanan. Tangan kanan di bawah kepala. Gunakan tiga jari bagian tengah kanan kiri menekan payudara kanan, kemudian cobalah melakukan pemeriksaan dengan satu pola berikut :
Lakukan dengan cara yang sama setiap kali memeriksa. Periksalah payudara secara menyeluruh, setelah itu pindah bantal ke bawah bahu kiri lalu ulangi langkah sebelumnya secara sebaliknya.

Menekan Pinggul

Gunakan tangan untuk menekan pinggul ke bawah. Perhatikan setiap perubahan dalam ventuk, tekstur, maupun ukuran payudara Anda

Angkat Tangan

Angkatlah kedua tangan ke atas dan perhatikan setiap perubahan yang terjadi. Lihatlah perubahan pada puting.

Ketika Mandi

Ulangi langkah nomor satu dalam posisi berdiri ketika mandi. Lakukan gerakan yang sama.

KEADAAN APA YANG HARUS MENJADI PERHATIAN?

  • Teraba benjolan
  • Penebalan kulit
  • Perubahan ukuran dan bentuk pada payudara
  • Pengerutan kulit
  • Keluar cairan dari puting susu
  • Penarikan puting susu
  • Nyeri
  • Pembengkakan lengan atas
  • Teraba benjolan pada ketiak atau di leher
Jika menemukan kelainan-kelainan seperti yang telah disebutkan di atas atau terasa ada perubahan dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, maka segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Bagi wanita yang masih haid, pemeriksaan dilakukan setelah selesai haid. Bila sudah menopause, SADARI dilakukan setiap tanggal tertentu yang mudah diingat, misalnya setiap tanggal 1 atau setiap tanggal kelahiran.

Sumber: elling bra


Categories:

0 comments:

Post a Comment