Monday 17 December 2012

Merokok adalah HAK KONSTITUSIONAL

saya tersentak melihat brosur di Mahkamah Kontitusi saat saya membeli jus, berwarna orang dan bertuliskan " MEROKOK ADALAH HAK KONTITUSIONAL" yang memuat web www.komunitaskretek.or.id(sayang account suspend jadi tidak bisa dibuka)
Saya bukan anti rokok tapi lebih suka bila ada kawan yang tidak merokok dan berusaha berhenti merokok.
Dalam Undang-Undang no. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 115 ayah (1) .

 Pasal 115
(1) Kawasan tanpa rokok antara lain:
a. fasilitas pelayanan kesehatan;
b. tempat proses belajar mengajar;
c. tempat anak bermain;
d. tempat ibadah;
e. angkutan umum;
f. tempat kerja; dan
g. tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan.





Pasal 116

(2) Pemerintah daerah wajib menetapkan kawasan tanpa
rokok di wilayahnya.


ini dia brosurnya, Mari kita lihat bersama-sama, Hak untuk merokok sama dengan hak untuk buang air kecil dan buang sampah


Secara pribadi menurut saya, dimana kewajiban orang merokok kalau dia berhak atas rokok???
Mungkin kalau semua berkesadaran untuk merokok ditempatnya dan menghormati orang lain yang tidak merokok dunia indah ya????








Mari kita review :

* Hak untuk mendapatkan toilet yang layak dan bersih

Tidak usah jauh-jauh toilet di kantor saya lumayan jorok, bisa di bilang tidak layak, minimal lantai yang selalu kering itu sudah terlihat bersih, budaya pemakainya juga menjadi salah satu faktr pendorong kebersihan toile. Ya ga?? ada beberapa orang yang cenderung kesulitan saat menggunakan toilet duduk atau pun begitu sebaliknya. 

Tempat umum lainnya yang menurut saya harus bertoilet adalah halte, pernah ga nahan buang air kecil di halte atau di bus/ angkot?? (terutama yang menggunakan alat transportasi umum) nah alangkah baiknya bila ada toilet(pasti muncul pertanyaan, siapa yang ngerawat? kan ada dinas kebersihan kota) 

Lain lagi di halte busway(buat yang tinggal di jakarta nih... :) kalau mau ke toilet kita di keharuskan keluar dari freederbusway dan masuk bayar lagi, belum lagi seperti di halte Monas, ini sama sekali tidak ada. pikiran saya tertuju pada ibu hamil yang susah kalau nahan pipis(ini pengalaman saya). Commuterline harusnya juga ada toiletnya, kenapa?????? kalau ada gangguan betapa tersiksanya kita nahan pipis di kereta, kalau hanya 10 menit.. kalau gangguan sinyal sampai berjam-jam??????




Add caption
*   Urasan buang sampah ini memang agak susah, kembali lagi ke individu masing-masing. saya sendiri meski tidak ada tempat sampah biasanya saya simpan di saku jaket atau di tas, memang jadi kayak bantar gerbang tapi akan jauh lebih kan dibanding saya buang di sembarang tempa????



* MEROKOK... buat saya merokok adalah hal yang paling susah, dan memang budaya yang harusnya diubah dan tentunya menhormati orang yang tidak merokok. Saya sendiri agak keras untuk urusan rokok. Ah sendiri perokok tapi bila saat berkumpul dengan saya dan mila, ayah tak pernah merokok, begitu pula di rumah.



Marilah kita mulai perubahan dari kta sendiri dan sebarkan ke semua lingkungan
Categories:

0 comments:

Post a Comment