Wednesday, 28 May 2014

Melepas IUD

Setelah berkali-kali gagal melepas IUD karena hati bimbang dan lain hal,  akhirnya kemarin hari sabtu niat ini terlaksana. Cemas, sudah terasa nyeri meski baru masuk rumah sakit, Saya memang tergolong berlebihan , belum diapa-apain sudah ketakutan. Terbayang rasa saat dulu dipasang, iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhh ngilu banget.


Datang ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Barat(rekam medis saya panjang di sini, jadi tak perlu pindah rumah sakit) langsung ke pendaftaran menanyakan antrian dokter-dokter kandungan, kenapa demikian? karena bila weekend Mitra Keluarga Barat penuh. Akhirnya memutuskan dengan DR. Lydia Liliana, SPOG dengan Jadwal yang lumayan padat beliau tetap ramah dan membuat kita nyaman. Beliau adik tingkat DR. Eddy Gunawan SPOG (tempat saya melahirkan Mila) sewaktu kuliah di Semarang. Akhirnya obrolan kami tentang DR Eddy dan cerita melahirkan Mila mengusir rasa takut dan cemas.   


Setelah konsul kalau mau lepas IUD, saya ditanya sedang datang bulan tidak, saya sedang tidak datang bulan. DR Lidya menyarankan untuk bulan depan saja saat saya menstruasi karena jalan lahir sedang longgar, tapi saya tetap memutuskan  untuk melakukan saat ini juga. Setelah di USG dan pindah ke pembaringan yang luar biasa itu, leher angsa dipasang dan .............. "ini, mau dibawa pulang tidak?" kata DR lidya sambil memperlihatkan IUD diujung tangannya. oooohhhhhhh tidak terasa sakit, saya tidak merasakan apa-apa. DR lidya menyarankan saya untuk santai dan tidak tegang saja. IUD nya sangat bersih, kata DR Lidya ini tergantung si pemakainya, kebanyakan perempuan milih elus-elus pipi dan melupakan organ intim. Pelajaran lagi.

Setelah selesai, DR Lidya menayaan apakah saya akan menunda kehamilan atau tidak, saya diberikan kalender kehamilan cina tentang kemungkinan memilih jenis kelamin sesuai usia saya. Bagi saya Laki-laki atau perempuan sama. Saya di berikan resep  strip Diane, tapi saya tidak mengambil resep ini di bagian Farmasi. Biarlah berjalan sebagaimana mestinya saja. Saya hanya ingin mengalir.

Setelah obrolan kami berakhir, saya berpamitan dan menuju kasir. Memang sudah jadi rahasia umum antrian poli spesialis Mitra Keluarga Barat memang juara, tapi tetap kesini terus kalau berobat, kenapa? pelayanan memuaskan(sudah rawat inap 2 kali di sini), lengkap, cepat tanggap, ramah dan nyaman. Besaran biaya melepas IUD mungkin tidak sama antara rumah sakit yang satu dengan lainnya. Tapi saya rasa range harganya tidak terpaut jauh, item yang harus dibayar Jasa Dokter Rp. 150.000,- dan biaya pengambilannya IUD nya Rp. 270.000,- dan Pouches Flat L (kotak kecil untuk menyimpan IUD bekas) Rp. 15.000, keseluruhan biaya yang dikeluarkan Rp. 452.500,- , hampir sama dengan biaya pemasangan dulu.

















Reactions:
Categories:

32 comments:

  1. mba abis lepas iud keluar darah gak kayak haid gtu cmn gk trllu banyak?soalnya kemarin aq abis lepas iud trs keluar darah,kira2 normal gk ya

    ReplyDelete
  2. tidak mbak indri, seperti tidak terjadi apa-apa. ada baiknya di konsultasikan ke dokter

    ReplyDelete
  3. uwah...saya mau copot januari depan insya Alloh. bulan april kmrn mau copot di bidan. kan kata org ga sakit ya. eh ternyata benangnya tll pendek jd gagal diambil. dan kudu di-usg dulu. pdhl saya udah diobok2. haduuuh...

    besok2 ke dokter aja deh.

    tfs ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada baiknya ke dokter mbak. Bila terjadi sesuatu bisa lebih ditangani secara mendalam. Asal kita rileks tidak sakit mbak.

      Delete
  4. Rencana minggu ini sy lepas iud krn masanya sdh habis...dan langsung pasang lg....ada rasa takut jg....

    ReplyDelete
  5. Rencana minggu ini sy lepas iud krn masanya sdh habis...dan langsung pasang lg....ada rasa takut jg....

    ReplyDelete
  6. Saya br td sore lepas iud di bidan, biayanya cuma 100rb saja..ada rasa takut, trus disuruh tarik nafas 2x, pertama dimasukan leher angsa yg gk berasa sama sekali,, kedua iud nya keluar dan gk berasa apa2 juga.hehhe.. Gak sampe 5 menit .taraaaaaa udh selesai....gk se ngeri yg sy bayangkan

    ReplyDelete
  7. jd mbak lepas saat tdk mens? ga sakit ya mbak pasti? hehehe sy mau lepas tp takut sakit, krn satu dan lain hal kynya mau sy lepas scptnya saat tdk mens krn nunggu mens selanjutnya msh lama.. saat sdg tdk mens pun ga sakit ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Aku mau lepas iud tapi baru 1th apa boleh ya?? Kata dokter sih waktu di pasang ngomongnya di jarakin 4-5th tp klo baru 1th mau di lepas bisa gak ya??

    ReplyDelete
  9. Aku mau lepas iud tapi baru 1th apa boleh ya?? Kata dokter sih waktu di pasang ngomongnya di jarakin 4-5th tp klo baru 1th mau di lepas bisa gak ya??

    ReplyDelete
  10. Mba bulan ini saya sudah 8 th psg iud dan rncn hr uni mau di lepas keb lg mens tp mens hr terakhir,saya agak tkut mba krn u lma ya dulu saya masangny di dokter,trnyt bukany pun hrs didokter ya mba

    ReplyDelete
  11. kok bisa ga sakit? (iri). baru sore tadi lepas iud dan ya ampun... sakitnyaaaa!! sampe mau pingsan.. nyampe mobil lgs nangis2. padahal kmrn juga masangnya di dokter kandungan yg ini, n ga sakit..
    *eh salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga baru lepas IUD dan sakit pas dilepas. Ngiluuuuu iiihhhhh..... Mungkin gara2 saya lepas diluar masa menstruasi.

      Delete
    2. Tuh kan nakutin.. Hikss...

      Delete
  12. Jadi kalau abis dilepas, ga boleh langsung pasang lagi yaa..?

    ReplyDelete
  13. Biar rileks gmn caranya ya saya sdh dua hari&hari ini tp gagal krn tegang g kuat rasa sakitnya

    ReplyDelete
  14. Biar rileks gmn caranya ya saya sdh dua hari&hari ini tp gagal krn tegang g kuat rasa sakitnya

    ReplyDelete
  15. Jadi ngeri bgni ya bun say.... Pdhl kesiksa bgt pake spiral... Udah hampir 4 th kesiksanya...

    ReplyDelete
  16. Wahhh. . Aqu jam 4 sore ini juga rencana mau lepas iud. Sdh buat janji juga sm dokternya. Tp tegang nya udah dari skrg aja. . 😫

    ReplyDelete
  17. Aduuhhh gmn inii mw buka inii...

    ReplyDelete
  18. aku jg mau buka ini tp kalo nunggu saat mens keburu males lg gmn dongg....aku pasang 2010 udh lwt masa jg..takut dimarahin jg ma dokternya..ahhhh galauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaa kok sama,ini baca komen2 lgsg galau lg pdhl rencana besok mau leps.dan bingung mau kb apa

      Delete
  19. Aku juga pengen di lepas insha Allah bulan may ini, pengen program anak sholehah..hehe Tapiiii masih tanya sana sini, tadi tanya ke klinik ga bs pakai bpjs.. Kalo ke bidan sekitar 300, trus nanya ke spog rsia. Andika 350an katanya sm spog, masih deg deg an spt apa rasanya, ga kebayang di obok2 hahah udah hampir 5th an pake, 3th ga kontrol takutnya itu spiral udh hijrah kmna2..naunaudzubillahiminza :D

    ReplyDelete
  20. Insyaallah saya ada rencana buka spiral hari jum'at besok.... mudah2n Gpp...
    Udah hampir 6 tahun pake dan baru 1 kali kontrol di tahun pertama, 5 tahun ini blong gk ada kontrol... takut juga spiralnya pindah2... nauzubillahiminzalik...

    ReplyDelete
  21. Insyaallah saya ada rencana buka spiral hari jum'at besok.... mudah2n Gpp...
    Udah hampir 6 tahun pake dan baru 1 kali kontrol di tahun pertama, 5 tahun ini blong gk ada kontrol... takut juga spiralnya pindah2... nauzubillahiminzalik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmn mba udh di buka spiral nya trs gmn sakit ngga? Krn sy sm dgn mba cmn cek sekali di tahun pertama sj.. Mohon info nya.. Terima kasih

      Delete
    2. Saya jg br aja lepas bun iud nya, setelah 2,5thn pakai. Alhamdulillah nggak sakit, lepas nya pas di hari ke5 haid yg tinggal ngeflek dikit.

      Delete
  22. Mba saya pasang iud setelah melahirkan,baby saya sdh berumur 9 bulan.ko haid baru bbrp kali dan gx bnyak,padahal katanya klo pasang iud haidnya keluar bnyak,saya jd takut.apakah bhaya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg selama iud nggak trlalu banyak sprt yg org blg mba, biasa aja sprti biasanya. Cm jd kram aja di awal haid.

      Delete
  23. Saya bingung nih baru pke spiral darah keluar terus sebulanan, akhirnya dilepas krna ga cocok, trus skrng udh dilepas masih keluar darah, apa kah itu normal ya? Tolong berbagi cerita yg pernah ngalamin sperti sy, sy takut jd penyakit 😣

    ReplyDelete