Wednesday 23 July 2014

TUMIS BUNCIS dengan AYAM CINCANG




Siapa yang punya anak dan sangat suka dengan daging ayam? milih-milih sayur? Bingung tiap hari masak ayam? opor, semur, soup atau goreng?

Mila sangat pemilih makanan, favoritnya adalah Ayam dan telur. Hampir tiap hari pasti ketemu dua jenis makan itu. Untuk menu ikan mila cenderung sangat pemilih hanya lele, gurameh dan ikan mas saja yang masuk selera mila. Tidak semua sayur mila suka, hanya bayam, kol, tauge dan buncis. Harus pinter-pinter muter menu untuk mengakalinya. 

Ini tumis buncis pertama buat mila, biasanya buncis saya campur dengan soup ayam, Mila sangat senang saat saya mengajaknya beraksi di dapur. Mengupas bawang putih dan menghaluskan bumbu menjadi aktivitas yang sanagt disukai. Ya meski membuat waktu memasak jauh lebih lama karena aksi iseng mila, tapi setidaknya saya memberi wadah untuk mila belajar di dapur. Biasanya saya campur dengan irisan cabai merah bila menu ini ditujukan untuk ayah, karena mila belum bisa menerima cabai, kita tak pakai cabai. 

Bahan:
250 gram baby buncis(karena ini untuk mila saya pilih baby buncis yang lebih empuk)
200 gram daging ayam giling
Bumbu halus:
3 siung bawang putih
1/2  sendok teh lada bubuk
1/2  ruas jahe
1/4 sendok teh bubuk pala(saya sangat suka dengan aroma yang dihasilkan)


Bumbu:
bawang bombay iris
2 sendok kecap manis
2 sendok kecap teriyaki
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
olive oil(sebagai pengganti margarin atau minyak untuk menumis)
maizena sebagi pengental

Cara memasak:
1. Siangi buncis, cuci dan tumis dengan olive oil, setelah berubah warna angkat 
2. Tumis bawang bombay, masukan bumbu halus, setelah beraroma harum masukan ayam cincang, kecap manis, kecap teriyaki, gula dan garam, tunggu sampai matang, masukkan maizena yang sudah dicairkan dan tuang diatas tumisan buncis. 




Categories: ,

0 comments:

Post a Comment